PROPOSAL RAMADHAN

     


 

Latar Belakang

Akan datang bulan yang penuh keberkahan, bulan Ramadhan, setiap muslim sejati pasti mereka akan berlomba-lomba untuk beramal pada bulan ini. Sungguh manusia terbaik sepanjang zaman, Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wa sallam- telah memberikan contoh dan teladan terbaiknya dalam menyambut dan beramal di bulan Ramadhan.

Sebagian kaum muslimin belum mengetahu betapa besarnya pahala yang Allah persiapkan untuk hamba-Nya ketika beramal dengan ikhlas dan sesuai dengan sunnah pada bulan Ramadhan. Alangkah beruntungnya orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain sehingga orang lain-pun ikut melakukannya. Subhanallah pahala yang multi-level insyaAllah. Sebagaimana hadits Nabi -sholallahu ‘alaihi wa sallam-,

“Barang siapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim).

Tujuan

Adapun tujuan pelaksanaan penerbitan buku panduan Ramadhan “Ramadhan di Hati” adalah sebagai berikut :

  1. Mempersiapkan bekal ilmu dalam menyambut bulan Puasa
  2. Mensosialisasikan Sunnah Nabi dalam berpuasa di Bulan Ramadhan
  3. Meningkatkan nilai-nilai ketakwaan kepada Allah ta’ala
  4. Mempererat jalinan ukhuwah islamiyah

Landasan Kegiatan

Kegiatan ini diadakan dengan melandaskan pada.

  1. Firman Allah ta’ala, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dengan sebenar-benar ketakwaan kepada-Nya dan janganlah kamu mati melainkan dalam keadaan sebagai muslim.” (QS. Ali Imron: 108).
  2. Firman Allah ta’ala, “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” (QS. al-Baqarah: 183).
  3. Firman Allah ta’ala, “Saling tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa, dan janganlah kalian saling tolong menolong dalam dosa dan pelanggaran.” (QS. al-Ma’idah: 3).
  4. Firman Allah ta’ala, “Katakanlah -wahai Muhammad-, Jika kalian mengaku mencintai Allah maka ikutilah aku.” (QS. Ali Imron: 30).
  5. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang dikehendaki menjadi baik oleh Allah maka ia akan dipahamkan dalam urusan agamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
  6. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Puasa itu adalah perisai yang dengannya seorang hamba melindungi diri dari api neraka.” (HR. Ahmad).
  7. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
  8. Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al-Anshari -radhiallahu anhu- dia berkata: Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893)

  1. Dari Abu Hurairah -radhiallahu anhu- bahwa Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُوْرِ مَنْ تَبِعَهُ, لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَيْئاً. وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ, لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئاً

“Barangsiapa yang mengajak menuju hidayah maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya, tapi tanpa mengurangi sedikitpun dari pahala-pahala mereka. Barangsiapa yang mengajak menuju kesesatan maka dia mendapatkan dosa seperti doa orang-orang yang mengikutinya, tapi tanpa mengurangi sedikitpun dari dosa-dosa mereka.” (HR. Muslim no. 2674)

  1. Dari Abu Umamah Al-Bahili -radhiallahu anhu- dia berkata: Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ حَتَّى النَّمْلَةَ فِي جُحْرِهَا, لَيُصَلُّوْنَ عَلَى مُعَلِّمِي النَّاسِ الْخَيْرَ

“Sesungguhnya para malaikat, serta semua penduduk langit-langit dan bumi, sampai semut-semut di sarangnya, mereka semua  bershalawat atas orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” (HR. At-Tirmizi no. 2685 dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib: 1/36 dan Shahih Al-Jami’ no. 1883)

Sasaran

Kegiatan ini diadakan dengan sasaran sebagai berikut.

  1. Masyarakat muslim di wilayah Kediri dan sekitarnya
  2. Para Pelajar di Lingkungan Kediri.

 

Bentuk Kegiatan

Penerbitan buku panduan Ramadhan “Ramadhan di Hati”.

PENUTUP

Demikianlah proposal Penerbitan buku ini kami susun. Keberhasilan dan kelancaran kegiatan ini tidak terlepas dari karunia dan petunjuk Allah subhanahu wa ta’ala, kemudian peran serta aktif dari semua pihak. Hanya kepada Allah lah semestinya kita bergantung dan mengharapkan kemudahan. Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: